Kolaborasi Kampus Mengajar Ciptakan Strategi Pembelajaran SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu Lebih Bervariasi

Kolaborasi Kampus Mengajar Ciptakan Strategi Pembelajaran SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu Lebih Bervariasi

Di era merdeka belajar ini, sekolah diberikan keleluasaan menciptakan strategi belajar di sekolah sesuai dengan kurikulum yang lebih fleksibel dan menyenangkan. Salah satu cara mengimplementasikan kegiatan pembelajaran seperti ini yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu adalah melalui program kampus mengajar. 

Secara definisi kampus mengajar merupakan program kementerian Pendidikan dan kebudayaan, riset dan teknologi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. 
Sisi inilah yang membedakan dengan program yang sebelumnya berjalan dimana mahasiswa hanya diposisikan sebagai seorang yang punya kewajiban untuk belajar hanya dari program sekolah saja. Tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide, gagasan, pemikiran dan kreasinya untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih luas. 

Bertolak dari sini, implementasi program merdeka mengajar lebih mengedepankan kolaborasi antara program yang sudah direncanakan oleh sekolah dengan kegiatan mahasiswa yang lebih kongkret. Seperti contohnya dalam kegiatan pembiasaan siswa tentang kegiatan gerakan membaca hening di setiap hari rabu pagi, berbagai kegiatan yang lebih menarik di kolaborasikan dengan program literasi dan numerasi dari kampus merdeka. 

Dari sisi mahasiswa kegiatan kampus mengajar memberikan sistem belajar pendidikan tinggi yang lebih riil, tidak ada skenario tertentu untuk pencapaian semu. Observasi dan mapping sekolah yang dilakukan mahasiswa bertujuan selain untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya juga bagaimana mengimplementasikan yang terbaik program kampus mengajar di sekolah. Demikian juga mahasiswa yang masuk di kelas bisa mengetahui dan memahami secara nyata bagaimana kelas yang sesungguhnya di pembelajaran kurikulum merdeka dan bagaimana solusi mengatasi berbagai masalah belajar jang lebih kompleks saat ini.

Empat mahasiswa dari 3 kampus merdeka yakni Universitas Negeri Medan, Universitas HKBP Nomensen dan Universitas Syah Kuala telah menyelesaikan tugasnya di SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu dengan mengakhiri melakukan kegiatan festival literasi dan numerasi yang dilaksanakan pada hari Kamis dan jum'at, 23 dan 24 November 2023.

Semoga ide dan gagasan pembelajaran yang cenderung monoton dengan adanya kampus mengajar bisa lebih bervariasi dan menyenangkan. Selamat kembali ke kampus adik adik mahasiswa, semoga program merdeka mengajar menjadi pelajaran untuk membuat masa depan dunia pendidikan lebih baik. Sukses untuk kalian semua. 

Baca juga: