Belajar Seru Dan Mengasyikkan Dengan Media Pembelajaran Teka - Teki Silang

Belajar Seru Dan Mengasyikkan Dengan Media Pembelajaran Teka - Teki Silang

 Teka-teki silang merupakan sebuah permainan yang cara mainnya yaitu mengisi ruang - ruang kosong yang berbentuk kotak dengan huruf-huruf sehingga membentuk sebuah kata yang sesuai dengan petujuk. Selain itu mengisi teka-teki silang atau biasa disebut dengan TTS memang sungguh sangat mengasyikkan. Selain itu juga, TTS berguna untuk mengingat kosakata yang popular dan mengingat pengetahuan yang bersifat umum dengan cara santai. Melihat karakteristik TTS yang santai dan lebih mengedepankan persaman dan perbedaan kata, maka sangat sesuai kalau misalnya dipergunakan sebagai sarana peserta didik untuk latihan di kelas yang diberikan oleh guru yang tidak monoton hanya berupa pertanyaan - pertanyaan baku saja. 



Media pembelajaran sangat membantu dalam proses pembelajaran, karena media pembelajaran dapat digunakan sebagai perantara guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan adanya media pembelajaran, siswa SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu akan terbantu dalam pemahaman materi karena siswa cenderung tertarik dan aktif mengikuti pembelajaran yang berlangsung pada setiap pertemuan dan juga dapat membantu membuat kelas menjadi lebih kondusif.




Melihat perkembangan siswa ketika pembelajaran IPS ternyata lebih menyenangkan dan lebih seru serta lebih fokus apabila menggunakan media pembelajaran maka pada hari Rabu tanggal 08 Februari 2023 siswa kelas VII-4 SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu melakukan pembelajaran dengan metode Teka Teki Silang (TTS) Tema yang diangkat dalam pembelajaran kali ini adalah “Aktivitas Kehidupan Masyarakat Masa Hindu-Budha”. Permainan teka teki silang merupakan salah satu permainan edukatif, karena permainan ini dapat membantu siswa belajar bekerja sama. Selanjutnya dengan menggunakan permainan ini juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, menjadikan siswa aktif, menyenangkan, dan tentunya memunculkan semangat belajar. Selama 2 tahun terakhir pembelajaran hanya bisa dilakukan secara daring sehingga penyegaran pembelajaran di kelas yang dilaksanakan secara menarik sangat diperlukan. Dan yang tidak kalah penting bahwa permainan dalam pembelajaran dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dan mengasah daya ingat siswa atas materi yang telah disampaikan.


Selain meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu, permainan edukatif teka-teki silang ini juga dapat membentuk karakter siswa dalam belajar. Adapun karakter yang terbentuk adalah disiplin, jujur, dan rasa ingin tahu. Penggunaan media pembelajaran teka teki silang ini memiliki banyak keunggulan dalam proses pembelajaran. Dengan diterapkannya media permainan edukatif ini yakni media TTS memberikan dampak positif bagi siswa itu sendiri yaitu melatih kemampuan motorik, melatih konsentrasi, dan melatih Bahasa, dan juga wawasan siswa atas pembelajaran yang telah diberikan.


Penulis : Yuliana,S.Pd

Video pembelajaran (Embed Video Youtube menunggu rilis)

#Yukbelajarnak

Baca juga: