Pembahasan Persilangan Dihibrid IPA Kelas 9

Pembahasan Persilangan Dihibrid IPA Kelas 9

Pembahasan soal kali ini berkaitan dengan persilangan di hibrida yang dicontohkan oleh Pak Gultom dalam video Youtubenya. Dimana dalam video tersebut di contohkan buah Mangga fenotif yang bergenotif MmBb dengan Mangga ber fenotip manis kecil yang genotifnya Mnbb. 




Namun sebelumnya, kamu sudah mengetahui apa itu Hukum Mendel dan bagaimana teorinya. Untuk diketahui, hukum yang diungkapkan oleh Bapak Genetika Modern ini diberlakukan pada dua jenis persilangan gen.

Dimana hukum yang pertama berlaku untuk persilangan monohibrid, sedangkan hukum kedua diberlakukan pada persilangan dihibrid. Lantas, apa itu persilangan dihibrid?

Nah, jika kamu ingin memahami contoh persilangan dihibrid pada Hukum Mendel 2 yang akan dibahas, penting untuk mengetahui definisinya.

Sebagai informasi, persilangan adalah kasus di mana dua gen dengan sifat berbeda dikawinkan.


Sementara dihibrid artinya sifat yang disilangkan berjumlah dua atau bahkan lebih. Misalnya, persilangan buah dengan bentuk, warna, dan rasa yang berbeda.

Untuk diketahui, dalam persilangan ini terdapat sifat yang dikenal dengan nama dominan dan resesif. Istilah dominan merujuk pada arti sifat yang kuat, sementara resesif artinya lemah.

Jadi, jika suatu benda yang mempunyai keadaan dominan (A) disilangkan dengan objek  resesif (a), dipastikan dominan (A) yang unggul.

Sementara jika keduanya tidak dominan ataupun resesif, hasilnya akan di tengah-tengah.


Untuk lebih jelasnya, simak contoh persilangan dihibrid pada Hukum Mendel 2 di diatas ya. Ikuti penjelasan di video Pak Gultom.





#yukbelajarnak

Baca juga: