Berbagai Kegiatan Pembiasaan Sekolah Dalam Membangun Karakter Siswa SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu

Berbagai Kegiatan Pembiasaan Sekolah Dalam Membangun Karakter Siswa SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu

SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu melalui kepemimpinan Bapak Kepala Sekolah Yunus Karim,SE selalu mengedepan pembangunan karakter (Character Building). Bentuk kegiatan dalam membangun karakter bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari siswa masuk pintu gerbang sampai dengan siswa pulang dan keluar dari pintu gerbang.

Kegiatan pagi diawali dengan penyambutan siswa oleh guru dengan cara bersalaman di depan pintu gerbang dengan selalu mengedepankan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan santun)



Sebelum kegiatan pembelajaran kelas, siswa di wajibkan untuk mengikuti kegiatan pembiasaan pagi untuk membangun berbagai karakter pribadinya diantaranya :

1. Hari senin siswa wajib mengikuti upacara bendera untuk membentuk karakter nasionalisme dan kebangsaan.

2. Hari Selasa siswa mengikuti kegiatan pagi berbahasa Inggris (english Day) untuk membiasakan kemampuan berbicara berbahasa Inggris .

3. Hari Rabu siswa mengikuti apel pagi untuk mengasah karakter disiplinnya.

4. Hari kamis siswa mengikuti kegiatan Gerbaning (gerakan membaca hening) untuk membangun kemampuan literasi siswa.

5. Hari jumat siswa mengikuti kegiatan Zikir Akbar dan tausiyah bagi yang muslim dan Pendalaman Alkitab bagi yang beragama Kristen dan katholik, kegiatan bertujuan untuk membangun karakter religius dan sikap toleransi.

6. Hari sabtu siswa mengikuti kegiatan seman pagi dan gotong royong untuk membangun kesehatan jiwa dan raga serta  karakter kerjasama dan kepedulian sosial.



Selain itu siswa yang beragama Islam setiap hari diwajibkan untuk melaksanakan Sholat Zuhur Berjamaa


Baca juga: