Pramuka, Ekskul Sarat Nilai Karakter Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Pramuka, Ekskul Sarat Nilai Karakter Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Siapa yang tak kenal dengan pramuka. Saya yakin setiap siswa tingkat dasar maupun menengah pasti pernah melakukan kegiatan kepramukaan. Ekstrakurikuler penuh dengan nilai nilai karakter ini sepertinya takkan pernah hilang ditelan zaman walaupun eksistensinya sudah melampaui berbagai generasi dari ratusan tahun yang lalu di zaman Lord Baden Powell hingga zaman serba canggih saat ini. 

Penanaman nilai nilai karakter dalam kegiatan kepramukaan tak perlu diragukan lagi seperti kerja keras, kreatif, mandiri, religius, disiplin, jujur, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial dan segudang nilai karakter lainnya. Melalui kegiatan seperti baris berbaris, jelajah alam, perlombaan kepramukaan maupun berbagai permainan sederhana membuat ekstrakurikuler pramuka ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan belajar yang menyenangkan bagi siswa diluar ruangan kelas. Sehingga bahkan di kurikulum 2013 menjadi anak emas dari sekian banyak ekskul di sekolah karena dinobatkan sebagai ekskul wajib. 

Pramuka Gugus Depan SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu melalui Kakak Pembina Zulfida Sari Saragih, S.Pd dan Juniati, S.Pd yang telah bertahun tahun melatih kepramukaan terhadap siswa siswi merasakan betul bagaimana penanaman karakter tersebut bisa terpatri dalam pribadi setiap siswa yang mengikutinya. Setidaknya pelatih bisa membedakan kualitas karakter siswa yang mengikuti kepramukaan dengan yang tidak ikut. 

Demikian juga sekolah juga terus memberikan dukungan tanpa kenal lelah demi terwujudnya kepramukaan yang berkualitas di SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu. Melalui kepemimpinan Bapak Yunus Karim, SE terus berkomitmen menjadikan pramuka terus meningkatkan prestasinya di tingkat Kwarran, Karwcab, Kwarda bahkan Kwarnas. 

Ditahun pelajaran 2022 -2023 siswa yang berminat mengikuti kegiatan kepramukaan juga tergolong banyak. Antusiasme siswa juga tampak hal ini tercermin dari keseriusannya dalam mengikuti di setiap sesi kegiatan di sekolah. Semoga pramuka di SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu terus berkembang memenuhi harapan dan cita citanya. 




Baca juga: