Road To Sekolah Adiwiyata Nasional, SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu Mulai Berbenah

Road To Sekolah Adiwiyata Nasional, SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu Mulai Berbenah

Satu lagi predikat SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu adalah sebagai sekolah Adiwiyata. Predikat ini di sematkan oleh dinas lingkungan hidup provinsi Sumatera Utara 4 tahun lalu atas prestasinya dalam program dan kepedulian sekolah yang berwawasan lingkungan. Menjadi sekolah Adiwiyata, ternyata tidak hanya berkaitan dengan membuat lingkungan sekolah asri dengan taman, pepohonan dan penghijauan sekolah. Namun lebih dari itu kepedulian warga sekolah dalam menjaga kebersihan, sampah, jamban dan kantin sekolah sehat juga menjadi fokus utama dalam pengelolaaan sekolah Adiwiyata. 

2023, SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu berkesempatan mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata Nasional. Tentu hal ini menjadi kebanggaan sekaligus tanggungjawab yang tidak mudah. Oleh karena itu program program pembiasaan yang berkaitan dengan lingkungan yang selama ini sudah berjalan, lebih digiatkan kembali. 

Program pembiasaan agar siswa tidak membuang sampah sembarangan seperti LISAKu ( Lihat Sampah Kutip), atau Tim Saptaman yang menjadi model siswa penggerak yang menjadi contoh teman temannya dalam menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan sehat, akan lebih diperluas dengan kegiatan kegiatan yang lebih kreatif. 

Daur ulang sampah sampah organik misalnya juga akan lebih masif dengan mengkaitkan nya dengan kegiatan pembelajaran berbasis proyek (P5) dengan menghasilkan produk yang bisa di pamerkan dalam kegiatan P5. 

Dari segi pendanaan juga di dukung penuh oleh Bapak Kepala Sekolah, Yunus Karim, SE dimana dari segi peraturan masih diperbolehkan menganggarkan kebutuhan sekolah sampai dengan 20% untuk belanja yang berkaitan dengan program sekolah Adiwiyata. 

Terakhir, road to Adiwiyata Nasional masih dalam tahap penggodokan program dimana intinya akan difokuskan pada berbagai kegiatan peduli lingkungan yang lebih kreatif dan inovatif. Semoga SMP Negeri 1 menjadi sekolah Adiwiyata Nasiona ditahun 2023 ini. 
 

Baca juga: